Minggu, 06 Mei 2012

Ikan Cupang ( Beta Splendens)

Cupang (Betta splendens) awalnya merupakan cupang hasil persilangan genetik antara spesies cupang alam yang berbeda-beda yang berasal dari perairan disekitar asia tenggara, sebagian besar diantaranya berasal dari Thailand, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Cupang juga dapat ditemukan diperairan Brunei, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja dan sekitarnya namun tidak sebanyak 4 negara yang telah disebutkan diatas.


Secara garis besar cupang jantan memiliki banyak perbedaan dengan cupang betina. Warna jantan lebih tegas cemerlang dan indah. sementara betina memiliki warna yang lebih pudar. Lalu tubuh betina dewasa lebih bulat dan dibagian perut terlihat lebih besar dan berwarna transparan kekuning-kuningan. sementara tubuh jantan lebih ramping dan panjang. Dan sifat cupang jantan lebih berani dan agressif.  sementara betina akan memperlihatkan garis-garis vertikal disepanjang tubuh bila melihat jantan.

Jenis jenis ikan Cupang

Halfmoon

 

 

Ciri-cirinya bentuk sirip ekor seperti separuh bulan purnama yang saling bersentuhan dengan sirip punggung dan sirip perut. Itulah sebabnya dinamakan halfmoon

Combtail

 



Ciri-cirinya hampir sama dengan Halfmoon namun terdapat perbedaan diujung sirip ekor yang berduri-duri.

Crowntail (Serit)

 



Ciri-cirinya seluruh ujung sirip memiliki duri (Serit). Ada variasi serit tunggal dan serit ganda atau silang atau disebut juga doubletail. Cupang jenis ini adalah cupang hasil perkembangbiakan dari Indonesia yang kemudian menyebar ke Asia

Plakat

 



Ciri-cirinya mirip dengan cupang tradisional/aduan. Memiliki sirip pendek namun corak warna tubuh dan sirip lebih cemerlang, indah dan bervariasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar