Senin, 24 September 2012

Jangan Menjadi Bayangan Kesalahan Orang Lain


Mengkritik itu mudah, karena melihat kesalahan orang lain itu mudah. Namun kritik yang didasari untuk mencari kesalahan orang lain tak mungkin dapat mempermudah keadaan. Kita tidak perlu menghabiskan waktu anda untuk menilai apakah orang lain telah berbuat salah atau benar karena itu sangatlah MUDAH. Sedangkan yang sulit adalah mencari kesalahan diri sendiri. Waspadailah jika kita mudah sekali untuk mengkritik orang lain, bisa jadi kita tidak bisa melihat kebenaran yang ada padanya. Dan sebuta butanya seseorang ialah yang tidak bisa menangkap cahaya kebenaran.

Sekali kita gembira karena bisa menemukan sebutir debu kesalahan orang lain, maka kita akan tergoda untuk mendapatkan yang sebesar krikil. Begitulah seterusnya, hingga kita tidak sadar bahwa kita telah berhasil mengumpulkan segunung kesalahan orang lain.
Jangan menjadi bayangan dari kesalahan orang lain yang membuat kesalahan itu seakan menjadi semakin besar. Bantulah mereka menemukan sisi positif dari dari mereka. Di saat itu pula orang lain akan memantulkan sisi baik kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar