Kamis, 29 November 2012

Belajar dari Seekor Siput


Siput adalah salah satu hewan yang kerap kita anggap sebagai perlambang keleletan, kemalasan, ketidak cekatanan dan lain sebagainya.Itu semua karena pikiran kita yang sedari kecil sudah dibentuk demikian, cobalah kita ingat kembali cerita anak anak sewaktu kita kecil, semuanya akan mengarahkan kita untuk membuat kesimpulan yang sama bahwa siput adalah binatang yang lelet.
Namun pernahkah kita amati setiap gerakan lambat siput…??ternyata ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perilaku si binatang kecil ini yang patut kita contoh sekaligus sebagai bahan perenungan bagi kita semua.Inilah salah satu contoh perilaku siput yang bisa kita ambil pelajaran.



Disaat semuanya menertawakan apa yang akan dilakukan siput, ia semakin membulatkan tekadnya untuk bisa menyeberang ke balok kayu sebelah

Ia bergerak bukan tanpa rencana, ia melihat sekelilingnya, adakah alat bantu yang bisa ia gunakan untuk menyeberang..?

Ia menakar dan mengukur segala resiko yang mungkin akan dia temui


 Setelah perhitungan yang cukup matang, mulailah ia bergerak menarik tubuh kedepan....


 Ia optimalkan semua tenaganya untuk bisa meraih tumpuan balok kayu itu


 Sedikit demi sedikit berat badannya ia geser kedepan dengan pelan namun penuh perhitungan

 Dan akhirnya ia bisa melampaui hal yang seakan mustahil ia lakukan. Jarak antar balok itu seakan melebihi ukuran panjang tubuhnya. Namun dengan kecermatan, perhitungan dan ketidak tergesa-gesaanya ia mampu menyeberang ke balok sebelah.

Semua yang Allah SWT ciptakan di muka bumi ini tidak ada yang sia sia, semua makhluk pasti punya kemanfaatan bagi makhluk yang lain….semoga Allah selalu membimbing kita untuk dapat berfikir tentang semua kejadian yang kita alami. Marilah kita optimalkan apa yang kita punya untuk keberhasilan kehidupan kita, fokuslah pada apa yang bisa kita perbuat dan jangan terlalu  memikirkan apa kelemahan kita sehingga kita enggan berbuat sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar