Kamis, 15 November 2012

Mikro Hidro


Disaat mantan Dirut PLN dan DPR “ berperang “ tentang huru hara di PLN, sepertinya kita perlu berfikir tentang jalan lain cara memperoleh sumber energi listrik untuk masyarakat.
Indonesia adalah negara yang berada di daerah khatulistiwa, dengan iklim tropis, banyak tersedia air, hampir tiap hari bisa melihat matahari, ada angin walaupun kecepatan rata ratanya tidak sebesar di darah 4 musim. Sumber energi yang berasal dari renewable energy atau energi terbarukan ini sangatlah aman untuk jangka panjang dalam hal penyelamatan alam karena nyaris tanpa polusi atau emisi yang dibuang ke atmosfer. Salah satunya yang termurah adalah dengan metode mikro hidro, yaitu memanfaatkan aliran air untuk memutar generator listrik.

Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai menggunakan metode ini untuk mendapatkan suplai listrik terutama didaerah terpencil yang penduduknya merasa berat untuk membeli tiang instalasi sampai ke desanya. Dengan biaya maintenance yang terjangkau, mikro hidro ini cukup menjadi solusi permasalahn mereka saat ini. Bahkan untuk kapasitas yang agak besar penduduk menjual listriknya ke PLN...wawww.
Karena tergantung air maka kelemahan sistem ini adalah saat musim kemarau datang dengan waktu yang panjang, maka produksi listrik akan terganggu oleh debit air yang turun.




  contoh instalasi mikro hidro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar